Seminar bertajuk “Self Awareness: Enhancing Your Positive Character” dengan narasumber Alsi Mega Marsha Tengker, Rabu (15/11/2023), secara daring. (Foto: Humas Setkab/Jay)

Sekretariat Kabinet (Setkab) menggelar seminar mengenai peningkatan karakter positif pegawai melalui pengenalan diri sendiri atau self awareness, Rabu (15/11/2023), secara daring. Seminar bertajuk Self Awareness: Enhancing Your Positive Character” itu menghadirkan psikolog Alsi Mega Marsha Tengker.

Dalam seminar yang dihadiri oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan Setkab tersebut, Marsha menekankan bahwa self awareness atau pengenalan diri sendiri sangat penting tidak hanya untuk memahami diri sendiri tetapi juga dalam berlaku dan berinteraksi.

Self awareness penting untuk membentuk persepsi kita tentang kesadaran diri dan bagaimana kita berinteraksi dengan dunia,” ujarnya.

Marsha menambahkan, pengenalan diri yang tinggi akan membuat seseorang mampu mengelola emosi sekaligus mengambil keputusan yang tepat.

“Jadi emosi itu bukan ditolak ya, emosi itu bukan diabaikan tapi dikelola. Dan biasanya orang-orang yang mempunyai self awareness itu bisa membuat keputusan yang lebih tepat untuk dirinya dan juga lingkungannya,” ujarnya.

Melalui pengenalan diri, para pejabat dan pegawai di lingkungan Setkab juga diharapkan bisa memahami kekuatan, kelemahan, dorongan, dan nilai yang ada dalam diri sendiri dan orang lain sehingga dapat memicu peningkatan karakter positif para pegawai.

Seminar “Self Awareness: Enhancing Your Positive Character” merupakan salah satu dari rangkaian seminar daring bertajuk Bestie (Bulan E-Seminar Topik dan Isu Terkini) yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Tata Laksana (SDMOT), Setkab.

Sebelumnya, Senin (13/11//2023), telah dilaksanakan seminar dengan tema “Sisi Psikologi dalam Menghadapi Dinamika Perubahan Organisasi”. Seminar ini menghadirkan narasumber psikolog Tara de Thouars. Rangkaian seminar ini bertujuan untuk memicu peningkatan kinerja para pejabat dan pegawai di lingkungan Setkab dalam memberikan dukungan pengelolaan kabinet pemerintahan kepada presiden dan wakil presiden. (RAH/UN)

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.