Hadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN – Uni Eropa, Presiden Jokowi Bertolak ke Belgia

- Pewarta

Rabu, 14 Desember 2022 - 14:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Belgia.  (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Belgia. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

HALLOPRESIDEN.COM – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Belgia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.

Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Presiden dan rombongan lepas landas menggunakan pesawat Boeing 777 Garuda Indonesia-1 pada Selasa, 13 Desember 2022, sekitar pukul 09.00 WIB.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju Brussel di Belgia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Presiden dalam keterangannya sebelum lepas landas.

Kepala Negara menyebut bahwa Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada 2021 mencapai USD268,9 miliar.

Sementara itu, investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai USD26 miliar pada tahun 2021.

Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT.

“Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa.”

“Juga tentu saja negara kita Indonesia ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” paparnya.

Dalam lawatannya kali ini, Presiden Jokowi akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Setelah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Kepala Negara akan langsung pulang ke Tanah Air.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Brussel, Belgia yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, sejumlah menteri telah berada di Belgia yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan rombongan yaitu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Hallo Media Network, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Presiden Jokowi dan Sekjen MHM Bahas Peran Ulama Hadapi Tantangan Global dan Persaudaraan Manusia
Presiden Jokowi Terima Sekjen Majelis Hukama Muslimin, Istana Bogor, 4 Januari 2024
Presiden Jokowi Resmikan Dua Tol Sekaligus di Tangerang Selatan, 1 April 2021
Hari Kedua di Jateng, Presiden Jokowi Kunjungi Banyumas, Banjarnegara, dan Tegal, 3 Januari 2024
Saat Presiden Jokowi Kunjungi Pusat Perbelanjaan di Banyumas, 2 Januari 2024
Presiden Jokowi Resmikan Enam Jembatan Baru di Lintas Utara Jawa
LIVE: Presiden Jokowi Groundbreaking Kampus II Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 3 Januari 2024
Cek Penyaluran Bantuan Pangan, Presiden: Jika APBN Mencukupi, Akan Dilanjutkan
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:42 WIB

3 Makanan Berikut Bisa Pengaruhi Kesehatan Otak, Salah Satunya adalah Konsumsi Kentang Goreng

Rabu, 15 November 2023 - 08:28 WIB

Berikut 8 Jenis Tanaman Kesehatan yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Termasuk Sambiloto dan Lidah Mertua

Minggu, 4 Juni 2023 - 20:08 WIB

7 Bahan Tas Sling Bag (Selempang) yang Bagus

Berita Terbaru