Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir, Senin (06/11/2023). (Foto: KBRI Kairo)

Bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia untuk Palestina tiba di El Arish, Mesir, Senin (06/11/2023). Bantuan kemanusiaan tahap pertama tersebut sebelumnya dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (04/11/2023) lalu.

Bantuan dengan total berat 51,5 ton tersebut diangkut menggunakan dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330 dan dikirim melalui dua rute penerbangan berbeda. Pesawat Hercules A-1237 dan A-1238 menempuh rute penerbangan Jakarta – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (Persatuan Emirat Arab) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir).

Pesawat Hercules pertama mendarat di Bandara El Arish sekitar pukul 08.30 waktu setempat atau pukul 13.30 WIB, lalu disusul pesawat kedua beberapa waktu kemudian.

Bantuan tersebut kemudian diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Pahala Nugraha Mansury yang mewakili pemerintah RI kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir. Wamenlu berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas solidaritasnya kepada masyarakat Palestina.

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang sudah menunjukkan solidaritasnya kepada masyarakat Palestina, mengumpulkan bantuan yang baru saja sampai di Bandara El Arish dan akan diserahkan ke Egyptian Red Crescent untuk dibawa ke perlintasan masuk ke wilayah Gaza,” ujarnya.

Sementara itu, pesawat Airbus A330 dengan kode penerbangan JT6001 diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Senin (06/11/2023) dini hari dan langsung terbang menuju El Arish. Namun, karena kendala cuaca di sekitar El Arish, penerbangan tersebut sempat dialihkan ke Bandara Internasional Kairo. Hingga berita ini ditulis pesawat tersebut masih berada di Kairo.

Pada pengiriman tahap pertama bantuan kemanusiaan ini, pemerintah mengirimkan berbagai barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat Palestina di Gaza. Bantuan antara lain berupa alat kesehatan, obat-obatan, tenda, selimut, pakaian hangat, hingga bahan makanan.

Setelah mengirimkan bantuan, dua pesawat Hercules TNI AU kembali ke Indonesia melalui rute penerbangan yang sama dengan keberangkatan. (BPMI SETPRES/UN)

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.